12 Cara Melancarkan Haid Tidak Teratur Secara Alami dan Cepat

Dwi Latifatul Fajri
9 November 2021, 13:08
Cara Melancarkan Haid, tips melancarkan haid, cara memperlancar haid, tips memperlancar haid, cara melancarkan menstruasi, tips melancarkan menstruasi, haid, menstruasi
pixabay.com/Saranya7
Cara Melancarkan Haid Secara Alami Dan Cepat

Siklus normal menstruasi pada wanita terjadi selama 28 hari. Tetapi siklus ini bisa bervariasi setiap individu, ada yang mengalami siklus kurang dari 28 hari hingga lebih dari 35 hari.

Anda bisa mengetahui penyebab menstruasi tidak teratur. Cara mengetahuinya yaitu waktu periode haid mulai berubah, ada darah yang muncul lebih banyak atau sedikit selama waktu haid, dan jumlah hari menstruasi bervariasi.

Haid tidak teratur ini sebenarnya normal terjadi pada wanita. Ada cara melancarkan haid secara alami dan cepat tanpa perlu ke dokter. Konsumsi sayuran dan buah-buahan termasuk cara melancarkan haid yang tidak teratur.

Deretan Melancarkan Haid

Siklus menstruasi normal biasanya berlangsung selama 21 sampai 35 hari. Wajar jika wanita mengalami periode haid lebih cepat atau lambat. Buah dan sayur bisa melancarkan haid secara alami dan cepat. Berikut makanan alami untuk memperlancar haid yang telat:

1. Buah Nanas

Nanas mengandung enzim bromelain yang bisa mempengaruhi hormon estrogen dan hormon lainnya. Mengutip dari healthline.com, penelitian tahun 2017 menemukan bromelain bisa mengurangi peradangan.

Enzim didalam buah nanas ini bisa mencegah menstruasi tidak teratur dan berhubungan dengan peradangan. Tetapi tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan suplemen nanas atau bromelain bisa melancarkan menstruasi.

2. Vitamin C

Vitamin C mengandung asam askorbat yang bisa menyebabkan menstruasi. Namun belum ada bukti ilmiah yang cukup menunjukkan vitamin C bisa melancarkan menstruasi.

Vitamin ini bisa meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar hormon progesteron. Ketika rahim berkontraksi dan lapisan rahim rusak, bisa menyebabkan timbulnya menstruasi.

Vitamin C ada dalam buah jeruk, beri, blackcurrant, sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kubis Brussel, paprika merah dan hijau. Ada juga sayur tomat yang mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh.

3. Jahe

Jahe termasuk rempah-rempah yang digunakan sebagai obat tradisional. Jahe diyakini bisa menginduksi menstruasi dan menyebabkan kontraksi rahim. Tetapi belum ada bukti ilmiah terkait jahe yang melancarkan menstruasi.

Anda bisa membuat minuman dari bahan jahe. Caranya rebus sepotong jahe segar yang sudah dikupas dan dibersihkan dari kulit. Rebus kurang lebih selama 5-7 menit. Kemudian saring air jahe dan tambahkan madu atau gula untuk pemanis.

4. Daun Peterseli atau Parsley

Daun peterseli digunakan sebagai hiasan makanan atau sayuran dalam sup. Daun Parsley ini mengandung vitamin C tinggi seperti apiol yang bisa membantu kontraksi rahim.

Anda bisa membuat teh peterseli seperti minuman jahe hangat. Caranya tuang satu cangkir air mendidih ke dalam gelas. Sediakan potongan daun peterseli dalam beberapa sendok. Tunggu selama 5 menit atau lebih supaya daun bisa meresap ke dalam air. Setelah itu anda bisa konsumsi minuman dari daun peterseli.

Tetapi jika dikonsumsi berlebihan, apiol pada daun peterseli bisa menjadi racun dan berbahaya untuk wanita hamil. Khusus ibu hamil, menyusui, dan memiliki masalah pada ginjal tidak dianjurkan minum teh peterseli.

5. Konsumsi Vitamin D

Selain vitamin C, ada vitamin lain yang diperlukan untuk mengatur ovulasi secara teratur. Vitamin D dikenal sebagai nutrisi untuk penyerapan kalsium dalam usus dan baik untuk kesehatan tulang. Ternyata vitamin D juga bermanfaat untuk melancarkan haid.

Mengutip dari hellosehat.com, penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Reproductive Biology and Endocrinology, menemukan penyebab haid tidak teratur karena kurangnya vitamin D.

Penelitian tersebut menemukan haid tidak teratur menyebabkan sindrom ovarium polikistik (PCOS). Hasil dari jurnal tersebut menemukan campuran suplemen vitamin D, kalsium, dan metformin bisa melancarkan haid.

Vitamin D bisa ditemukan dalam produk susu, sereal, ikan salmon, dan tuna. Anda bisa berjemur di bawah matahari ketika pagi untuk mendapatkan vitamin D. Lakukan secara rutin setiap pagi antara jam 7 sampai 8, selama 15 menit tiap hari.

6. Kunyit

Kunyit termasuk rempah-rempah yang bisa mempengaruhi kadar hormon estrogen dan progesteron. Di Indonesia, kunyit biasanya dibuat jahe dan penambah rasa pada masakan. Kunyit yang sudah bersih dan direbus bisa ditambahkan pada susu dan air untuk minuman.

7. Tanaman herbal Dong Quai atau Ginseng Wanita

Dong Quai dikenal sebagai ginseng wanita yang menjadi tanaman herbal di Asia Timur seperti Cina, Jepang, dan Korea. Di Asia Timur, orang-orang mengeringkan akar yang dipakai untuk pengobatan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...