12 Cara Melancarkan Haid Tidak Teratur Secara Alami dan Cepat

Siklus menstruasi normal terjadi selama 21 sampai 35 hari. Ada cara melancarkan haid secara alami dan cepat dengan mengkonsumsi vitamin yang ada dalam sayur dan buah. Berikut penjelasannya.
Dwi Latifatul Fajri
9 November 2021, 13:08
Cara Melancarkan Haid, tips melancarkan haid, cara memperlancar haid, tips memperlancar haid, cara melancarkan menstruasi, tips melancarkan menstruasi, haid, menstruasi
pixabay.com/Saranya7
Cara Melancarkan Haid Secara Alami Dan Cepat

Siklus normal menstruasi pada wanita terjadi selama 28 hari. Tetapi siklus ini bisa bervariasi setiap individu, ada yang mengalami siklus kurang dari 28 hari hingga lebih dari 35 hari.

Anda bisa mengetahui penyebab menstruasi tidak teratur. Cara mengetahuinya yaitu waktu periode haid mulai berubah, ada darah yang muncul lebih banyak atau sedikit selama waktu haid, dan jumlah hari menstruasi bervariasi.

Haid tidak teratur ini sebenarnya normal terjadi pada wanita. Ada cara melancarkan haid secara alami dan cepat tanpa perlu ke dokter. Konsumsi sayuran dan buah-buahan termasuk cara melancarkan haid yang tidak teratur.

Tips Melancarkan Haid

Siklus menstruasi normal biasanya berlangsung selama 21 sampai 35 hari. Wajar jika wanita mengalami periode haid lebih cepat atau lambat. Buah dan sayur bisa melancarkan haid secara alami dan cepat. Berikut makanan alami untuk memperlancar haid yang telat:

Advertisement

1. Buah Nanas

Nanas mengandung enzim bromelain yang bisa mempengaruhi hormon estrogen dan hormon lainnya. Mengutip dari healthline.com, penelitian tahun 2017 menemukan bromelain bisa mengurangi peradangan.

Enzim didalam buah nanas ini bisa mencegah menstruasi tidak teratur dan berhubungan dengan peradangan. Tetapi tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan suplemen nanas atau bromelain bisa melancarkan menstruasi.

2. Vitamin C

Vitamin C mengandung asam askorbat yang bisa menyebabkan menstruasi. Namun belum ada bukti ilmiah yang cukup menunjukkan vitamin C bisa melancarkan menstruasi.

Vitamin ini bisa meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar hormon progesteron. Ketika rahim berkontraksi dan lapisan rahim rusak, bisa menyebabkan timbulnya menstruasi.

Vitamin C ada dalam buah jeruk, beri, blackcurrant, sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kubis Brussel, paprika merah dan hijau. Ada juga sayur tomat yang mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh.

3. Jahe

Jahe termasuk rempah-rempah yang digunakan sebagai obat tradisional. Jahe diyakini bisa menginduksi menstruasi dan menyebabkan kontraksi rahim. Tetapi belum ada bukti ilmiah terkait jahe yang melancarkan menstruasi.

Anda bisa membuat minuman dari bahan jahe. Caranya rebus sepotong jahe segar yang sudah dikupas dan dibersihkan dari kulit. Rebus kurang lebih selama 5-7 menit. Kemudian saring air jahe dan tambahkan madu atau gula untuk pemanis.

4. Daun Peterseli atau Parsley

Daun peterseli digunakan sebagai hiasan makanan atau sayuran dalam sup. Daun Parsley ini mengandung vitamin C tinggi seperti apiol yang bisa membantu kontraksi rahim.

Anda bisa membuat teh peterseli seperti minuman jahe hangat. Caranya tuang satu cangkir air mendidih ke dalam gelas. Sediakan potongan daun peterseli dalam beberapa sendok. Tunggu selama 5 menit atau lebih supaya daun bisa meresap ke dalam air. Setelah itu anda bisa konsumsi minuman dari daun peterseli.

Tetapi jika dikonsumsi berlebihan, apiol pada daun peterseli bisa menjadi racun dan berbahaya untuk wanita hamil. Khusus ibu hamil, menyusui, dan memiliki masalah pada ginjal tidak dianjurkan minum teh peterseli.

5. Konsumsi Vitamin D

Selain vitamin C, ada vitamin lain yang diperlukan untuk mengatur ovulasi secara teratur. Vitamin D dikenal sebagai nutrisi untuk penyerapan kalsium dalam usus dan baik untuk kesehatan tulang. Ternyata vitamin D juga bermanfaat untuk melancarkan haid.

Mengutip dari hellosehat.com, penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Reproductive Biology and Endocrinology, menemukan penyebab haid tidak teratur karena kurangnya vitamin D.

Penelitian tersebut menemukan haid tidak teratur menyebabkan sindrom ovarium polikistik (PCOS). Hasil dari jurnal tersebut menemukan campuran suplemen vitamin D, kalsium, dan metformin bisa melancarkan haid.

Vitamin D bisa ditemukan dalam produk susu, sereal, ikan salmon, dan tuna. Anda bisa berjemur di bawah matahari ketika pagi untuk mendapatkan vitamin D. Lakukan secara rutin setiap pagi antara jam 7 sampai 8, selama 15 menit tiap hari.

6. Kunyit

Kunyit termasuk rempah-rempah yang bisa mempengaruhi kadar hormon estrogen dan progesteron. Di Indonesia, kunyit biasanya dibuat jahe dan penambah rasa pada masakan. Kunyit yang sudah bersih dan direbus bisa ditambahkan pada susu dan air untuk minuman.

7. Tanaman herbal Dong Quai atau Ginseng Wanita

Dong Quai dikenal sebagai ginseng wanita yang menjadi tanaman herbal di Asia Timur seperti Cina, Jepang, dan Korea. Di Asia Timur, orang-orang mengeringkan akar yang dipakai untuk pengobatan.

Dong Quai sendiri sudah digunakan sebagai obat herbal kurang lebih 2.000 tahun. Tanaman ini bisa memperkaya, memelihara dan meningkatkan kualitas darah.

Ginseng wanita ini bisa dikonsumsi untuk wanita selama menstruasi untuk mengobati sindrom pramenstruasi (PMS). Selain itu wanita lanjut usia dan ibu hamil bisa mengkonsumsi. Dong Quai bisa membantu meningkatkan alirah darah ke panggul, merangsang otot rahim, dan memicu kontraksi rahim.

8. Kayu Manis

Menurut sebuah penelitian, kayu manis bisa membantu mengatasi sindrom PCOS. Kayu manis bisa dikonsumsi menjadi minuman hangat. Anda bisa melarutkan kayu manis dalam segelas susu.

Cara Memperlancar Haid yang Telat

Selain makanan sehat yang mengandung nutrisi untuk tubuh, ada kebiasaan sehat yang melancarkan haid. Kebiasaan sehat itu seperti mandi air hangat, relaksasi, istirahat teratur, rajin berolahraga, dan rutin minum air putih.

1. Relaksasi

Relaksasi dilakukan untuk mengatasi stress yang membuat haid tidak lancar. Stress bisa menghambat produksi hormon estrogen dan progesteron sehingga siklus menstruasi tidak teratur.

Salah satu cara meredakan stres adalah relaksasi. Anda bisa melakukan berbagai cara relaksasi untuk mengurangi stres yaitu:

  • Teknik meditasi atau mindfulness. Anda bisa mengikuti meditasi, yoga, atau berlatih sendiri di rumah. Pastikan pikiran anda tenang untuk menjalani meditasi.
  • Mengurangi tekanan kerja.
  • Menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga untuk meredakan stres.
  • Olahraga secara teratur.
  • Melakukan hobi yang disukai untuk mengurangi stres.

2. Istirahat cukup

Badan lelah dan kesehatan mental terganggu bisa mengacaukan siklus haid normal. Beberapa orang bisa mengalami haid 2 kali dalam sebulan atau tidak sama sekali ketika stres.

Stress bisa membuat perubahan pola tidur, misalnya begadang di malam hari. Istirahat yang cukup seperti tidur tepat waktu bisa membuat tubuh lebih rileks. Orang dewasa normalnya tidur selama 7-8 jam tiap hari.

Tidur malam dan istirahat cukup bisa membantu siklus haid lebih lancar. Usahakan dalam sehari istirahat yang cukup untuk membuat tubuh tetap sehat dan rileks. Hindari minum kopi atau makanan yang mengandung kafein karena membuat seseorang terjaga sepanjang malam.

3. Mandi air hangat

Mandi air hangat bermanfaat untuk mengendurkan otot-otot yang tegang dan mengurangi stress emosional. Cobalah mandi air hangat dalam bak mandi dengan minyak wangi yang bisa menenangkan pikiran dan tubuh.

Cobalah kompres perut memakai botol air panas. Panas dalam air tersebut bisa meningkatkan aliran darah, sehingga mempercepat siklus haid.

4. Menjaga Berat Badan

Berat badan tubuh kurus dan gemuk bisa mengubah siklus haid. Jika anda ingin berat badan normal, usahakan menjaga berat badan ideal untuk melancarkan siklus haid setiap bulan.

Beberapa cara menjaga berat badan seperti rutin berolahraga, minum air putih, dan makan makanan sehat. Olahraga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Sayur dan buah mengandung vitamin dan mineral yang melancarkan haid.

Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Lancar

Menstruasi tidak teratur apabila terjadi lebih dari 38 hari atau durasinya bervariasi setiap bulan. Penyebab siklus haid tidak ancar karena ketidakseimbangan hormon. Berikut penyebab siklus menstruasi tidak lancar:

1. Kehamilan

Kehamilan menyebabkan siklus menstruasi tidak lancar. Beberapa orang hanya mengalami bercak darah haid. Gejala kehamilan seperti mual di pagi hari, kepekaan terhadap bau, payudara nyeri ketika ditekan, dan kelelahan

2. Hormon

Pil KB sebagai alat kontrasepsi mengandung hormon yang menyebabkan pendarahan tidak teratur. Pil KB menyebabkan bercak darah ketika menstruasi.

3. Gangguan makanan

Ada beberapa penyakit seperti anoreksia nervosa, atau bulimia yang menyebabkan berat badan menurun drastis. Penyakit tersebut disebabkan gangguan makanan. Perubahan berat badan ini bisa menyebabkan siklus haid tidak lancar. Termasuk ketika berat badan naik atau obesitas.

4. Menopause

Wanita berusia 45 sampai 55 tahun akan mengalami gejala menopause. Ada juga wanita usia 40 tahun yang mengalami menopause dini. Pertambahan usia membuat persdian sel telur menipis dan membuat haid tidak lancar.

5. Kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid menyebabkan siklus menstruasi tidak lancar. Tiroid merupakan bagian tubuh yang mengatur metabolisme, sehingga kadar hormon mempengaruhi. Penyebab tiroid disebabkan karena obat-obatan sehingga butuh perawatan supaya menstruasi bisa kembali normal.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait