12 Bahaya Junk Food bagi Kesehatan yang Harus Diwaspadai

Siti Nur Aeni
8 November 2021, 12:05
Junk food merupakan makanan yang banyak memberikan dampak kurang baik bagi kesehatan.
pixabay.com
Junk food merupakan makanan yang banyak memberikan dampak kurang baik bagi kesehatan.

Junk food adalah makanan tidak sehat yang memiliki kandungan gizi rendah. Dalam Journal of Community Engagement in Health diterangkah bahwa junk food merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan kelompok makanan yang gizinya sedikit atau bahwa tidak ada.

Kelompok makanan ini seringkali dianggap sebagai tidak sehat. Meskipun banyak orang mengetahui bahwa makanan ini tidak memberikan manfaat bagi kesehatan, namun masih banyak orang yang menyukainya.

Alasan banyak orang menyukai makanan ini yaitu karena rasanya yang enak. Kandungan lemak, garam, gula, dan bahan adiktif sintetik dalam makanan ini yang membuat rasanya menjadi lezat. Sayangnya jika dikonsumsi berlebih makanan ini justru memberikan dampak kurang baik untuk kesehatan.

Apa saja makanan yang termasuk junk food? Dan apa saja bahayanya untuk kesehatan? Berikut penjelasannya.

Macam-macam Junk Food

Sebelum mengenal bahaya makanan cepat saji, alangkah lebih baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu macam-macam junk food. Mengutip dari sehatq.com dan klikdokter.com, berikut ini beberapa junk food yang ada disekitar kita.

1. Roti

Sejauh ini mungkin kita mengenal roti sebagai makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Namun ternyata roti termasuk dalam kategori makanan yang minim nutrisi. Sebab roti terbuat dari tergiru yang berasal dari gandum digiling. Saat proses penggilingan tersebut, nutrisinya ternyata berkurang.

2. Sereal

Manfaat junk food selanjutnya yaitu sereal yang biasanya dikonsumsi saat sarapan. Beberapa sereal umumnya dibuat dari gandum, oatmeal, beras, atau jagung. Makanan ini biasanya mengandung gula yang tinggi dan serat yang rendah. Sehingga kandungan nutrisinya rendah.

3. Gorengan dan makanan yang dibakar

Makanan yang digoreng dan dibakar terlalu lama ternyata membuat makanan yang dihasilkan kurang sehat. Sebab makanan tersebut mengandung kimia yang menyebabkan kanker dan penyakit jantung.

4. Makanan Manis

Makanan ini umumnya terbuat dari terigu dengan tamabhan gula, minyak jenuh dan pengawet. Jenis makanan ini diantaranya kue, biskuit, dan pastry. Biasanya makanan tersebut juga dijual dalam bentuk kemasan dan bisa Anda beli dimana saja.

Mengkonsumsi makanan ini terlalu banyak bisa menyebabkan obesitas dan gangguan kesehatan lain. Sebab kandungan makanan ringan tersebut minim nutrisi.

5. Kripik dan Kentang Goreng

Kripik dan kentang goreng juga termasuk dalam junk food. Makanan tersebut mengandung kalori tinggi. Konsumsi makanan tersebut, menyebabkan kenaikan berat badan.

Kedua jenis makanan tersebut juga mengandung acrylamides yang bersifat karsinogenik. Senyawa tersebut muncul apabila kentang digoreng atau dibakar.

Bahaya Junk Food untuk Kesehatan

Apabila tubuh terlalu banyak mengkonsumsi makanan rendah nutrisi, maka bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Mengutip dari sehatq.com, berikut beberapa bahaya junk food bagi kesehatan.

1. Menggangu kesehatan jantung dan stroke

Makanan cepat saji ini bisa meningkatkan kolesterol jahat dan lemak jenuh. Hal tersebut bisa memicu penyumbatan arteri. Kondisi tersebut dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

2. Meningkatkan tekanan darah tinggi

Junk food bisa menyebabkan hipertensi karena makanan ini mengandung natrium atau garam yang tinggi. Sehingga biasanya rasa makanan cepat saji memiliki rasa asin. Jika dikonsumsi berlebih, bisa menyebabkan kenaikan darah tinggi dan memicu penyakit jantung.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...