4 Fungsi Karbohidrat untuk Ibu Hamil yang Harus Diketahui

Siti Nur Aeni
7 Januari 2022, 17:34
4 Fungsi Karbohidrat untuk Ibu Hamil yang Harus Diketahui
SHVETS production/Pexels
Ilustrasi ibu hamil mengonsumsi buah yang mengandung karbohidrat

Kabohidrat merupakan nutrisi yang penting bagi tubuh. Bagi ibu hamil, fungsi karbohidrat tidak hanya untuk diri sendiri namun juga untuk bayi dalam kandungannya.

Nutrisi ini berguna untuk memelihara kesehatan ibu hamil (bumil) dan bayinya. Walaupun demikian, konsumsi karbohidrat saat hamil tidak boleh berlebihan. Harus sesuai dengan kebutuhan tubuh, hal ini bertujuan agar fungsi utama karbohidrat tetap optimal.

Fungsi dari Karbohidrat untuk Ibu Hamil

Berdasarkan penjelasan di alodokter.com, berikut beberapa fungsi karbohidrat untuk ibu hamil.

1. Sumber Energi

Salah satu fungsi karbohidrat adalah sebagai sumber energi. Ketika hamil, seorang perempuan akan mengalami perubahaan fisik dan emosional yang terkadang membuat bumil cepat merasal lelah, terlebih saat trimester pertama.

Untuk menjaga agar tidak mudah lelah dan bisa menjalankan aktivitas dengan normal, bumil butuh makanan yang mengandung karbohidrat. Sebab makanan yang mengandung makronutrien ini bisa meningkatkan stamina saat hamil.

2. Mencegah dan Mengatasi Masalah Sembelit

Sembelit merupakan masalah pada saluran pencernaan yang sering dialami oleh ibu hamil. Untuk mengatasi masalah tersebut, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan berkarbohidrat kompleks.

Jenis karbohidrat kompleks yang mengandung serat bisa mempercepat kinerja sistem pencernaan dan menjadikan tinja lebih lunak. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks antara lain; kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, dan buah.

3. Mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan Janin

Fungsi karbohidrat bagi tubuh ibu hamil lainnya yaitu untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan. Karbohidrat diketahui bisa menambah berat badan janin, sehingga tumbuh kembangnya bisa optimal.

4. Mencegah Bayi Lahir Catat

Mencegah bayi lahir dalam kondisi catat juga merupakan salah satu fungsi karbohidrat yang penting untuk dipahami. Sebuah penelitian menyatakan bahwa ibu hamil yang diet karbohidrat berisiko 30% lebih tinggi melahirkan bayi dengan gangguan saraf.

Kondisi tersebut dapat membuat penyintasnya cacat seumur hidup bahkan berisiko kematian. Maka dari itu, ibu hamil tidak disarankan diet tanpa adanya rekomendasi dari dokter.

Kebutuhan Karbohidrat Ibu Hamil

Kini kita sudah mengetahui beragam fungsi karbohidrat untuk ibu hamil. Namun banyak orang yang masih bertanya-tanya, sebenarnya berapa kebutuhan karbohidrat untuk ibu hamil?

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...