4 Fungsi Karbohidrat untuk Ibu Hamil yang Harus Diketahui

Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi penting bagi ibu hamil. Fungsi karbohidrat bagi ibu hamil antara lain; sebagai sumber energi, mencegah sembelit, hingga mencegah bayi lahir cacat.
Image title
7 Januari 2022, 17:34
4 Fungsi Karbohidrat untuk Ibu Hamil yang Harus Diketahui
SHVETS production/Pexels
Ilustrasi ibu hamil mengonsumsi buah yang mengandung karbohidrat

Kabohidrat merupakan nutrisi yang penting bagi tubuh. Bagi ibu hamil, fungsi karbohidrat tidak hanya untuk diri sendiri namun juga untuk bayi dalam kandungannya.

Nutrisi ini berguna untuk memelihara kesehatan ibu hamil (bumil) dan bayinya. Walaupun demikian, konsumsi karbohidrat saat hamil tidak boleh berlebihan. Harus sesuai dengan kebutuhan tubuh, hal ini bertujuan agar fungsi utama karbohidrat tetap optimal.

Fungsi dari Karbohidrat untuk Ibu Hamil

Berdasarkan penjelasan di alodokter.com, berikut beberapa fungsi karbohidrat untuk ibu hamil.

1. Sumber Energi

Salah satu fungsi karbohidrat adalah sebagai sumber energi. Ketika hamil, seorang perempuan akan mengalami perubahaan fisik dan emosional yang terkadang membuat bumil cepat merasal lelah, terlebih saat trimester pertama.

Advertisement

Untuk menjaga agar tidak mudah lelah dan bisa menjalankan aktivitas dengan normal, bumil butuh makanan yang mengandung karbohidrat. Sebab makanan yang mengandung makronutrien ini bisa meningkatkan stamina saat hamil.

2. Mencegah dan Mengatasi Masalah Sembelit

Sembelit merupakan masalah pada saluran pencernaan yang sering dialami oleh ibu hamil. Untuk mengatasi masalah tersebut, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan berkarbohidrat kompleks.

Jenis karbohidrat kompleks yang mengandung serat bisa mempercepat kinerja sistem pencernaan dan menjadikan tinja lebih lunak. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks antara lain; kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, dan buah.

3. Mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan Janin

Fungsi karbohidrat bagi tubuh ibu hamil lainnya yaitu untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan. Karbohidrat diketahui bisa menambah berat badan janin, sehingga tumbuh kembangnya bisa optimal.

4. Mencegah Bayi Lahir Catat

Mencegah bayi lahir dalam kondisi catat juga merupakan salah satu fungsi karbohidrat yang penting untuk dipahami. Sebuah penelitian menyatakan bahwa ibu hamil yang diet karbohidrat berisiko 30% lebih tinggi melahirkan bayi dengan gangguan saraf.

Kondisi tersebut dapat membuat penyintasnya cacat seumur hidup bahkan berisiko kematian. Maka dari itu, ibu hamil tidak disarankan diet tanpa adanya rekomendasi dari dokter.

Kebutuhan Karbohidrat Ibu Hamil

Kini kita sudah mengetahui beragam fungsi karbohidrat untuk ibu hamil. Namun banyak orang yang masih bertanya-tanya, sebenarnya berapa kebutuhan karbohidrat untuk ibu hamil?

Menurut penjelasan di hellosehat.com, kebutuhan karbohidrat bagi ibu hamil dan menyusui yaitu sekitar 175-210 g per hari atau 45-65% dari kebutuhan kalori harian. Secara normal, perempuan butuh kalori sekitar 1600-2400 kkal per hari. Namun saat hamil kebutuhannya meningkat.

Adapun panduan kebutuhan kalori selama masa kehamilan, sebagai berikut:

  1. Trimester pertama: tidak membutuhkan penambahan kalori.
  2. Trimester kedua: memerlukan pernambahan sekitar 340 kalori per hari.
  3. Trimester ketiga: butuh penambahan 450 kalori per hari.

Sumber Karbohidrat untuk Ibu Hamil

Untuk mendapatkan fungsi karbohidrat, ada beberapa sumber karbohidrat yang bisa dikonsumsi ibu hamil. Melansir dari hellosehat.com, berikut beberapa sumber karbohidrat yang baik untuk ibu hamil.

1. Makanan Rendah Gula

Makanan yang mengandung karbohidrat dengan gula yang banyak tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil. The Dietary Guidelines for Americans bahkan menyatakan bahwa asupan gula tambahan tidak lebih dari 10% dari total kalori harian.

Konsumsi gula berlebih saat hamil bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti:

  • Diabetes gestasional.
  • Obesitas atau kenaikan berat badan saat hamil.
  • Kerusakan pada gigi.

2. Makanan Tinggi Serat

Sumber karbohidrat lainnya yang bisa dikonsumsi ibu hamil yaitu makanan yang tinggi serat. Karbohidrat yang tinggi serat bisa didapatkan dari buah dan sayur. Karbohidrat ini memiliki gula alami yang aman bagi ibu hamil.

Hal tersebut membuat buah dan sayur lebih sehat dibandingkan sumber karbohidrat lain. Maka dari itu, jika ibu hamil hendak ngemil sebaiknya konsumsi buah dan sayur saja.

3. Gandum Utuh

Fungsi karbohidrat juga bisa didapatkan dengan konsumsi gandum utuh. Sumber karbohidrat ini mengandung serat dan vitamin yang baik untuk tubuh. Beberapa jenis gandum utuh yang bisa dikonsumsi yaitu roti gandum, sereal, dan oatmeal.

4. Susu dengan Lemak yang Rendah

Susu rendah lemak beserta olahannya seperti keju dan yogurt bisa menjadi sumber karbohidrat bagi ibu hamil. Selain mengandung karbohidrat, makanan ini juga mengandung kalsium, protein, vitamin, dan mineral yang penting bagi ibu dan bayinya. Susu yang rendah lemak juga berguna untuk mencegah kenaikan berat badan berlebih saat hamil.

5. Kacang-kacangan

Sumber karbohidrat untuk ibu hamil lainnya yaitu kacang-kacangan. Selain mengandung karbohidrat, makanan ini juga mengandung zat besi, asam folat, magnesium, kalium, lemak baik, dan serat.

Itulah beberapa fungsi karbohidrat bagi ibu hamil yang perlu dipahami. Selain itu, kadar dan sumber karbohidrat untuk ibu hamil juga perlu diketahui. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi dalam kandungannya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait