Tensi AS-Tiongkok Meningkat, Harga Minyak Jatuh Ke Level US$ 31

Image title
28 Mei 2020, 08:46
harga minyak, amerika serikat, tiongkok
Dok. Chevron
Ilustrasi, aktivitas produksi minyak. Harga minyak kembali jatuh setelah hubungan AS-Tiongkok memanas.

Harga minyak dunia kembali anjlok pada perdagangan Kamis (28/5) dipicu hubungan Amerika Serikat dan Tiongkok yang semakin memanas. Selain itu, ketidakpastian pengurangan pasokan oleh negara anggota OPEC+ semakin menekan harga komoditas tersebut.

Mengutip data Bloomberg pada hari ini pukul 07.34 WIB, harga minyak jenis Brent untuk kontrak pengiriman Juli 2020 turun 2,16% menjadi US$ 33,99 per barel. Sedangkan, minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Juli 2020 turun 2,99% ke level US$ 31,83 per barel.

Advertisement

Hubungan dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia semakin tegang setelah Presiden AS Donald Trump merespon Undang-Undang Keamanan di Hong Kong yang diusulkan oleh Tiongkok. Sekretaris Negara AS Mike Pompeo menyatakan Hong Kong tidak lagi memerlukan perlakuan khusus berdasarkan hukum AS.

Sebab, undang-undang keamanan tersebut bisa menjadi pukulan terhadap status Hong Kong sebagai pusat keuangan utama. Di sisi lain, pasar ragu akan komitmen Rusia untuk mengurangi produksi minyak pada tahun ini.

(Baca: Permintaan BBM Belum Pulih, Harga Minyak Turun ke Level US$ 33)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement