14 Makanan Khas Maluku yang Patut Dicoba

Makanan khas Maluku tak kalah menarik dengan daerah lain. Provinsi Maluku memiliki aneka kuliner yang dapat menjadi referensi dalam agenda wisata kuliner Anda.
Image title
28 September 2021, 13:00
Makanan khas Maluku, ikan kuah pala Banda
Instagram.com/nisasukarso
Makanan khas Maluku, ikan kuah pala Banda

Maluku dikenal sebagai rumah bagi rempah asli Nusantara, yakni buah pala. Hal itu pulalah yang membuat makanan khas Maluku kerap dicari para pecinta kuliner, karena cita rasanya yang menarik.

Awalnya, pala menjadi satu-satunya hasil bumi yang menjadi tanaman asli Kepulauan Banda. Rempah inilah yang membuat daerah tersebut menjadi incaran bangsa Portugis dan bangsa Eropa. 

Maluku merupakan provinsi dengan nama tertua di Indonesia. Daerah yang paling tua dengan nama tetap Provinsi Maluku. Menurut catatan sejarah dan prasasti, Provinsi Maluku berdiri bersamaan dengan Kerajaan yang ada di Timur Tengah pada masa Pimpinan Firaun. Bahkan, untuk Gubernur tertua atau yang pertama memimpin Maluku terjadi pada 1522 sampai tahun 1605.

Di Maluku terdapat bangunan dari dinding pelepah sagu, yakni Masjid Tua Wapauwe. Tak hanya itu, Maluku juga memiliki tradisi pengasingan bagi perempuan yang sedang hamil dan gadis yang datang bulan di gubuk kecil oleh Suku Naulu di Provinsi Maluku.

Selain berbagai keunikan yang mereka miliki, Maluku juga menyimpan kekayaan kuliner tak kalah menarik. Aneka ragam makanan khas Maluku menjadi hal yang tak boleh dilewatkan jika berkunjung ke sana.

Makanan Khas Maluku 

1. Papeda

Papeda terbuat dari bubur sagu yang biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau ikan mubara yang dibumbui dengan kunyit. Selain itu, papeda juga kerap dinikmati dengan ikan gabus, kakap merah, ataupun ikan kue.

Terbuat dari sagu, papeda memiliki tekstur yang lengket dan rasa cenderung hambar. Untuk menikmatinya, sebaiknya Anda menyantap makanan ini dalam keadaan panas. Cara menyantapnya pun tidak kalah unik, yaitu dengan langsung menyeruput dari piring.

2. Ikan kuah pala banda

Makanan asli masyarakat Kepulauan Banda ini memang memiliki cita rasa yang kaya. Apalagi Pulau Banda cukup dikenal dengan kekayaan rempah-rempahnya.

Kuah hidangan ini terasa segar, itu karena kombinasi asam dan pedas dari buah pala. Umumnya, ikan kuah pala dinikmati dengan urap daun pepaya, ikan kakap merah bakar, dan sambal bakasang yang terbuat dari ikan cakalang yang ditumbuk.

3. Nasi lapola

Mungkin kebanyakan dari Anda menganggap jika makanan pokok masyarakat Maluku hanya sagu saja, namun nyatanya tidak. Masyarakat Maluku juga mengonsumsi nasi, terlihat dari salah satu makanan khas Maluku lainnya, yaitu nasi lapola.

Hidangan ini dimasak dengan menambahkan kacang tolo. Cara membuatnya, dengan memasak beras menggunakan api kecil hingga setengah matang. Setelah itu, barulah dicampur menggunakan kacang tolo rebus, kelapa parut, garam, lalu diaduk hingga merata. Setelah tercampur rata, adonan tersebut akan dikukus kembali hingga matang.

4. Kohu-kohu dengan kasbi rebus

Tampilan kohu-kohu sekilas mirip seperti sayur urap yang biasa dinikmati masyarakat di Pulau Jawa. Kohu-kohu yang terbuat dari ikan teri basah ini diolah dengan cara mencampurkannya dengan bahan lain seperti toge, terong, kacang panjang rebus, dan parutan kelapa.

Setelah semua bahan tercampur rata, maka adonan tersebut akan diberi bumbu yang terdiri dari perasan jeruk nipis, cabai, bawang merah, dan bawang putih. Kohu-kohu biasanya dinikmati dengan kasbi (singkong) rebus.

5. Ikan komu asar

Makanan khas Maluku yang cukup populer selanjutnya adalah ikan komu asar. Makanan ini menggunakan ikan cakalang sebagai bahan utamanya. Proses memasaknya pun terbilang unik, yaitu dengan cara ditusuk dengan bambu, lalu diasapkan kurang lebih satu jam.

Tak hanya ikan cakalang saja, jenis ikan lainnya yang juga digunakan antara lain ikan tongkol atau ikan tuna. Biasanya, hidangan ini dinikmati dengan nasi dan sambal colo-colo.

6. Sagu woku komo-komo

Tidak hanya papeda, ada pula makanan khas Maluku lainnya yang menggunakan bahan dasar sagu. Hidangan khas Ambon ini menggunakan bahan seperti sagu, bawang putih, serai, jahe, dan jeroan ikan.

Ciri khas dari makanan ini tidak lain karena penggunaan daun woku sebagai pembungkusnya. Sagu woku komo-komo biasanya dijadikan sebagai lauk teman nasi ataupun papeda.

7. Sambal colo-colo

Tidak lengkap rasanya jika makan tanpa sensasi pedas dari sambal. Di Maluku, terdapat salah satu sambal khas daerah tersebut, yakni sambal colo-colo. Sambal ini merupakan salah satu sambal khas Ambon yang dikenal karena rasanya yang pedas.

Bahan utama sambal colo-colo tidak jauh berbeda dengan sambal kebanyakan, yaitu tomat muda, bawang merah, dan cabai rawit yang sudah diiris tipis serta diberi taburan garam dan jeruk nipis tanpa diulek. Biasanya, sambal ini ditambahkan dengan beberapa daun kemangi, kenari mentah, ataupun rarobang.

8. Talam sagu bakar

Masih menggunakan bahan utama sagu, makanan khas Maluku kali ini masuk kategori camilan. Talam sagu bakar menggunakan bahan utama sagu yang direndam, kemudian dihaluskan. Di lain tempat, gula merah pun dimasak dan ditiriskan. Setelah itu, sagu dan gula merah akan dicampur bersamaan dengan gula pasir, sambil terus diaduk hingga teksturnya mengental.

Tidak lupa, adonan tersebut akan ditambahkan dengan beberapa bahan lain seperti mentega, kacang brenebon (kacang merah), dan kenari untuk dibakar hingga kering. Talam sagu bakar memiliki cita rasa manis dan gurih dari kenari dan kacang brenebon.

9. Bubur sagu ubi

Salah satu makanan favorit masyarakat Maluku lainnya yaitu bubur sagu ubi. Makanan ini menggunakan bahan utama sagu dan ubi merah yang sudah direbus.

Untuk campuran bahan lainnya, yaitu rebusan gula merah, gula pasir, dan daun pandan yang dimasak dan diaduk hingga larut. Cara penyajiannya pun sangat mudah, yaitu mencampurkan sagu yang telah lunak bersama ubi merah rebus. Setelah itu, tambahkan guyuran santan kental dan taburan kenari di atasnya.

10. Kopi sibu-sibu

Meskipun bukan makanan, namun bagi pecinta kopi pastinya sangat sayang jika Anda ke Maluku tetapi melewatkan kopi khas Maluku yang satu ini. Kopi sibu-sibu menggunakan kopi jenis robusta yang kemudian dihaluskan melalui proses tradisional. Salah satu hal yang membuat cita rasa kopi ini berbeda tidak lain karena bahan campuran bubuk cengkeh halus yang ditaburi dengan biji ketapang muda.

11. Bubur Ne

Makanan khas ini terbuat dari sagu yang disajikan dalam bentuk mutiara kecil-kecil berwarna cokelat tua, merah terang, atau merah muda. Bubur ne dikenal sebagai takjil tradisional ala orang Maluku, yaitu salah satu jenis kolak berbahan dasar sagu.

Sagu ini kemudian akan dimasak bersama santan sampai teksturnya menjadi empuk. Kemudian, campuran tadi bisa ditambahkan dengan kayu manis, daun pandan, dan gula merah. Makanan khas Maluku satu ini bisa dinikmati dalam keadaan hangat maupun dingin, dengan ditambahkan es batu.

12. Manisan Pala

Makanan khas Maluku selanjutnya yaitu manisan pala. Pala atau myristica fragrans merupakan tumbuhan yang berasal dari Kepulauan Banda, Maluku. Buahnya yang kaya akan nutrisi dapat dijadikan berbagai macam olahan makanan, salah satunya yaitu Manisan Pala kuliner khas Kepulauan Banda, Maluku.

Manisan Pala terbuat dari buah Pala segar, air, garam, dan gula pasir. Cara pembuatannya cukup mudah, yaitu dengan merendamkan buah pala dengan air dan garam atau air laut selama 1 hari. Gunanya untuk menambah tekstur rasa empuk, sekaligus menghilangkan rasa sepat buah Pala.

Setelah sehari direndam, air garam ditiriskan dari buah pala sampai kering. Selanjutnya, buah pala yang sudah kering di rendam kembali dengan gula pasir atau dicampur selama beberapa jam untuk menambah rasa manis pada Pala. Setelah itu, manisan pala yang sudah manis siap dimakan dan dijual sebagai oleh-oleh khas Pulau Banda.

13. Lalampa

Makanan khas Maluku yang satu ini sekilas mirip sekali dengan lemper Jawa. Namun, lalampa dan lemper memiliki banyak sekali perbedaan. Selain isiannya yang berbeda, lalampa tidak dikukus seperti lemper, melainkan dibakar.

Sebelum dibakar, lalampa akan diolesi minyak sayur. Inilah yang membuat lalampa jadi lebih istimewa. Aromanya pun terasa lebih kuat dan meresap hingga ke dalam.

Lalampa bercita rasa gurih dan legit. Isian lalampa biasanya terdiri dari ikan tongkol atau cakalang yang sudah diolah dengan bumbu rempah dan cabai. Isian ini dibalut dengan nasi ketan yang sudah matang, lalu dibungkus daun pisang dan dibakar di atas bara api.

14. Gohu Ikan

Anda penggemar makanan ikan mentah? Makanan khas Maluku ini sangat cocok untuk Anda. Gohu ikan, merupakan makanan khas Maluku yang terbuat dari ikan cakalang atau tuna mentah, kemudian dipotong dadu dan dilumuri perasan jeruk nipis serta garam.

Bumbu pelengkapnya sangat sederhana, yaitu dengan campuran bawang merah, cabe rawit, dan daun kemangi. Rasa Gohu ikan ini asam manis namun segar. Gohu ikan juga cocok disantap dengan papeda, singkong, atau pisang.

Itulah 14 rekomendasi makanan khas Maluku yang dapat Anda coba. Sila tentukan mana yang paling menarik dan akan dicoba lebih dulu.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait