12 Menu Sarapan Pagi yang Enak dan Bernutisi untuk Tubuh

Memperhatikan menu sarapan pagi menjadi hal yang penting. Dengan makanan yang sehat dan bernutrisi seimbang, maka Anda bisa mendapatkan manfaat dari sarapan pagi.
Image title
30 November 2021, 11:24
13 Menu Sarapan Pagi yang Enak dan Bernutisi untuk Tubuh
pixabay.com
Ilustrasi menu sehat untuk sarapan

Menu sarapan pagi menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Sebab makanan yang dikonsumsi di pagi hari akan mempengaruhi aktivitas Anda selama seharian. Makanan yang sehat dan bergizi seimbang sangat dianjurkan dikonsumi di pagi hari.

Kandungan nutrisi yang lengkap bisa menunjang aktivitas Anda di hari itu. Lalu, apa saja menu sarapan pagi yang sehat? Mengutip dari sehatq.com dan klikdokter.com, berikut penjelasannya.

Daftar Menu Sarapan Pagi

1. Salad Buah dan Sayur

Salad buah dan sayur yang menyehatkan
Salad buah dan sayur yang menyehatkan (pixabay.com)

Menu sarapan pagi sehat yang pertama yaitu salad buah dan sayur. Perpaduan sayur dan buah segar yang bervariasi membuat pagi Anda lebih segar.

Anda bisa membuat menu ini menggunakan beberapa jenis buah seperti apel, pir, alpukat, pisang, dan sayuran segar. Serat yang tinggi dari buah dan sayur sangat baik untuk kesehatan. Kandungan serat tersebut juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan pencernaan.

Advertisement

2. Pisang

Pisang Sunpride
Pisang Sunpride (Kemenko Perekonomian)

Selain diolah menjadi salad, buah bisa juga bisa dikonsumi secara langsung sebagai menu sarapan pagi. Buah ini mengandung serat yang tinggi sehingga bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

Serat dalam pisang juga berguna untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Buah pisang berguna untuk memelihara kesehatan pembuluh darah. Manfaat buah pisang ini, dikarenakan kandungan kalium dalam buah ini cukup tinggi.

3. Alpukat

Alpukat salah satu buah yang mengandung protein
Alpukat salah satu buah yang mengandung protein (pexels.com)

Alpukat juga bisa menjadi pilihan buah yang bisa dikonsumsi di pagi hari. Kandungan nutrisi seperti lemak sehat, serat, vitamin C, dan beberapa mineral membuat buah ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat buah alpukat, Anda bisa mengkonsumi makanan ini secara langsung atau diolah menjadi makanan dan minuman sehat lain.

4. Telur

Olahan Telur
Olahan Telur (pixabay.com)

Pilihan menu sarapan pagi selanjutnya yaitu telur. Makanan ini memiliki kandungan protein, karbohidrat, dan nutrisi lain yang cukup lengkap.

Sudah banyak studi yang menyebutkan manfaat telur. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan telur merupakan menu sarapan yang terbaik, karena dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

Konsumsi telur saat sarapan bisa mengurangi keinginan untuk mencicipi makanan berkalori tinggi di siang hari. Anda bisa mengkonsumsi telur dalam berbagai olahan seperti scramble egg, telur goreng, atau telur rebus.

5. Greek Yogurt

Yogurt dan buah raspberry yang bisa menjadi pilihan menu sarapan sehat
Yogurt dan buah raspberry yang bisa menjadi pilihan menu sarapan sehat (pixabay.com)

Greek yogurt juga bisa menjadi pilihan makanan di pagi hari. Olahan susu ini mengandung protein yang cukup tinggi. Makanan sehat ini dipercaya bisa mengontrol berat badan. Sebab yogurt memiliki kemampuan untuk meningkatkan hormon pemicu rasa kenyang. Rasanya yang segar juga membuatnya semakin nikmati.

6. Kopi

Ilustrasi kopi
Ilustrasi kopi (Pexels/Chevanon Photography)

Kebiasaan minum kopi di pagi hari mungkin bukan hal baru. Banyak di antara kita yang senang menikmati kopi sebelum memulai aktivitas. Kandungan kafein dalam kopi diketahui bisa meningkatkan mood dan menambah fokus. Meskipun demikian, jangan minum kopi berlebihan karena bisa menimbulkan dampak kurang baik untuk kesehatan.

7. Oatmeal

Oats dan strawberry
Oats dan strawberry ( Towfiqu Barbhuiya/Unsplash)

Oatmeal juga bisa menjadi pilihan menu sarapan pagi lainnya. makanan ini mengandung serat yang tinggi sehingga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Oatmeal juga diketahui memberikan manfaat lain seperti menurunkan darah tinggi.

Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa sereal dengan kandungan oat utut menjadi cara efektif managemen hipertensi ringan.

8. Biji Chia

Gambar Biji Chia
Gambar Biji Chia (pixabay.com)

Makanan berserat tinggi lainnya yaitu biji chia. Kandungan serat ini bisa membantu melancarkan saluran pencernaan. Tak hanya serat, biji chia juga mengandung antioksidan yang berguna menangkal radikal bebas.

Biji chia juga diketahui bisa mencegah beberapa penyakit seperti aterosklerosis, stroke, diabetes, alzheimer, dan parkinson.

9. Buah Beri

Buah Blueberry
Buah Blueberry (unsplash.com)

Buah beri seperti blueberry, raspberri, strawberry, dan blackberry menu sarapan pagi sehat lainnya yang bisa Anda coba. Kendungan serat yang tinggi dan gula yang rendah membuat buah-buahan ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Buah beri juga mengandung mineral penting seperti zat besi, copper, mangan, dan selenium. Mineral tersebut berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Buah beri tersebut dipercaya bisa mengurangi perdangan dan menjaga sel-sel dalam pembuluh darah. Anda bisa mengkonsumsi aneka beri dengan greek yogurt untuk mendapatkan manfaat lebih.

10. Kacang Tanah

Manfaat kacang tanah
Manfaat kacang tanah (pixabay.com/heecehil)

Kacang tanah juga menjadi bagian daftar menu sarapan pagi yang bisa Anda coba. Nutrisi dalam kacang tanah cukup beragam mulai dari magnesium, potassium, dan lemak tunggal tak jenuh menjadikan makanan sehat ini cocok dikonsumsi pagi hari.

11. Teh Hijau

Manfaat teh hijau untuk wajah dan kulit
Manfaat teh hijau untuk wajah dan kulit ( EKATERINA BOLOVTSOVA/Pexels)

Selain kopi, teh hijau juga bisa dimasukan dalam menu sarapan pagi. Teh hijau diketahui mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan otak, saraf, dan jantung. Minuman ini juga dipercaya bisa menurunkan kadar gula, sehingga cocok untuk pengidap diabetes.

12. Smoothies dengan Protein Tinggi

Smoothies yang bisa dikonsumsi sebagai menu sarapan pagi
Smoothies yang bisa dikonsumsi sebagai menu sarapan pagi (pixabay.com)

Smoothies yang terbuat dari gandum, telur, dan kedelai bisa menjadi pilihan makanan di pagi hari. Smoothies dengan kandungan protein tinggi bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Maka dari itu, menu sarapan pagi ini cocok untuk Anda yang sedang menjalankan program diet.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait