12 Menu Sarapan Pagi yang Enak dan Bernutisi untuk Tubuh

Siti Nur Aeni
30 November 2021, 11:24
13 Menu Sarapan Pagi yang Enak dan Bernutisi untuk Tubuh
pixabay.com
Ilustrasi menu sehat untuk sarapan

Menu sarapan pagi menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Sebab makanan yang dikonsumsi di pagi hari akan mempengaruhi aktivitas Anda selama seharian. Makanan yang sehat dan bergizi seimbang sangat dianjurkan dikonsumi di pagi hari.

Kandungan nutrisi yang lengkap bisa menunjang aktivitas Anda di hari itu. Lalu, apa saja menu sarapan pagi yang sehat? Mengutip dari sehatq.com dan klikdokter.com, berikut penjelasannya.

Daftar Menu Sarapan Pagi

1. Salad Buah dan Sayur

Salad buah dan sayur yang menyehatkan
Salad buah dan sayur yang menyehatkan (pixabay.com)

Menu sarapan pagi sehat yang pertama yaitu salad buah dan sayur. Perpaduan sayur dan buah segar yang bervariasi membuat pagi Anda lebih segar.

Anda bisa membuat menu ini menggunakan beberapa jenis buah seperti apel, pir, alpukat, pisang, dan sayuran segar. Serat yang tinggi dari buah dan sayur sangat baik untuk kesehatan. Kandungan serat tersebut juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan pencernaan.

2. Pisang

Pisang Sunpride
Pisang Sunpride (Kemenko Perekonomian)

Selain diolah menjadi salad, buah bisa juga bisa dikonsumi secara langsung sebagai menu sarapan pagi. Buah ini mengandung serat yang tinggi sehingga bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

Serat dalam pisang juga berguna untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Buah pisang berguna untuk memelihara kesehatan pembuluh darah. Manfaat buah pisang ini, dikarenakan kandungan kalium dalam buah ini cukup tinggi.

3. Alpukat

Alpukat salah satu buah yang mengandung protein
Alpukat salah satu buah yang mengandung protein (pexels.com)

Alpukat juga bisa menjadi pilihan buah yang bisa dikonsumsi di pagi hari. Kandungan nutrisi seperti lemak sehat, serat, vitamin C, dan beberapa mineral membuat buah ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat buah alpukat, Anda bisa mengkonsumi makanan ini secara langsung atau diolah menjadi makanan dan minuman sehat lain.

4. Telur

Olahan Telur
Olahan Telur (pixabay.com)

Pilihan menu sarapan pagi selanjutnya yaitu telur. Makanan ini memiliki kandungan protein, karbohidrat, dan nutrisi lain yang cukup lengkap.

Sudah banyak studi yang menyebutkan manfaat telur. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan telur merupakan menu sarapan yang terbaik, karena dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

Konsumsi telur saat sarapan bisa mengurangi keinginan untuk mencicipi makanan berkalori tinggi di siang hari. Anda bisa mengkonsumsi telur dalam berbagai olahan seperti scramble egg, telur goreng, atau telur rebus.

5. Greek Yogurt

Yogurt dan buah raspberry yang bisa menjadi pilihan menu sarapan sehat
Yogurt dan buah raspberry yang bisa menjadi pilihan menu sarapan sehat (pixabay.com)

Greek yogurt juga bisa menjadi pilihan makanan di pagi hari. Olahan susu ini mengandung protein yang cukup tinggi. Makanan sehat ini dipercaya bisa mengontrol berat badan. Sebab yogurt memiliki kemampuan untuk meningkatkan hormon pemicu rasa kenyang. Rasanya yang segar juga membuatnya semakin nikmati.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...