5 Manfaat Sarapan Pagi beserta Menu Sarapan Sehat yang Perlu Diketahui

Siti Nur Aeni
30 November 2021, 09:51
5 Manfaat Sarapan Pagi beserta Menu Sarapan Sehat yang Perlu Diketahui
pexels.com
Ilustrasi menu sarapan pagi yang sehat

Sarapan pagi menjadi rutinas yang penting di pagi hari. Sayangnya banyak orang yang sering melewatkan aktivitas ini. Padahal, makan pagi atau sarapan memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat sarapan di pagi hari? Berikut ulasan lengkapnya.

Manfaat Sarapan Pagi

Mengkonsumsi makanan di pagi hari sangat disarankan. Sebab sarapan bisa membantu tubuh agar lebih sehat. Mengutip dari alodokter.com, berikut beberapa manfaat sarapan pagi.

1. Melindungi tubuh dari penyakit

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kadar kolesterol jahat pada perempuan sehat yang tidak sarapan relatif lebih tinggi dibandingkan perempuan yang rutin sarapan.

Orang yang membiasakan makan pagi, biasanya akan mengkonsumsi lebih sedikit kalori dibandingkan yang tidak sarapan.

Selain menjaga kadar kolesterol, kebiasaan makan pagi juga bisa mengurangi risiko diabetes dan gangguan pada jantung.

2. Meningkatkan fokus

Sarapan juga bisa membantu meningkatkan fokus dan lebih produktif. Saat tidak sarapan di pagi hari, maka bisa menyebabkan daya pikir menurun. Akibatnya, aktivitas harian menjadi terganggu karena produktifitas menurun.

3. Menurunkan berat badan

Banyak orang yang melewatkan sarapan pagi karena ingin menurunkan berat badan. anggapan tersebut ternyata keliru. Sebab ternyata sarapan bisa membantu menurunkan berat badan.

Ketika Anda makan pagi, maka saat siang tidak terlalu merasakan lapar. Sehinggga Anda terhindar dari keinginan makan berlebih di siang hari.

Lain halnya saat Anda melewatkan sarapan. Maka Anda bisa merasakan sangat lapar di siang hari dan akhirnya mengkonsumsi makanan tinggi kalori. Kejadian tersebut membuat berat badan lebih cepat bertambah.

4. Menjaga suasana hati

Sarapan pagi juga bermanfaat untuk meningkatkan mood. Sebab perut lapar ternyata bisa menyebabkan suasana hati menjadi buruk, mudah marah, dan kesal. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sebaiknya sempatkan diri untuk makan pagi sebelum beraktivitas.

5. Memberikan nutrisi bagi tubuh

Asupan makan pagi juga bisa membantu mencukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sebuah penelitian membuktikan bahwa seseorang yang sarapan di pagi hari, maka kebutuhan gizinya bisa terpenuhi baik serat, kalsium, vitamin A, B,C, dan nutrisi lainnya.

Daftar Menu Sarapan Pagi

Untuk mendapatkan manfaat sarapan pagi, Anda juga perlu memperhatikan menu sarapan yang dikonsumsi. Mengutip dari sehatq.com dan klikdokter.com, berikut beberapa makanan sehat yang bisa dijadikan menu makan pagi.

1. Telur

Menu sarapan pagi yang pertama yaitu telur. Makanan ini memiliki kandungan gizi yang tinggi. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa telur merupakan menu sarapan yang terbaik, sebab bisa memberikan rasa kenyang lebih lama.

Mengkonsumi telur di pagi hari bisa mengurangi keinginan menyantap makanan berkalori tinggi di ssiang hari. Manfaat telur tersebut bisa diperoleh dari kandungan nutrisi yang ada didalamnya, seperti karbohidrat, protein, dan lemak.

Telur juga cukup mudah diolah. Anda bisa membuat scramble egg, telur goreng, atau telur rebus.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...