5 Manfaat Sarapan Pagi beserta Menu Sarapan Sehat yang Perlu Diketahui

Sarapan pagi merupakan rutinitas penting yang tidak boleh dilewatkan, sebab makan pagi memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.
Image title
30 November 2021, 09:51
5 Manfaat Sarapan Pagi beserta Menu Sarapan Sehat yang Perlu Diketahui
pexels.com
Ilustrasi menu sarapan pagi yang sehat

Sarapan pagi menjadi rutinas yang penting di pagi hari. Sayangnya banyak orang yang sering melewatkan aktivitas ini. Padahal, makan pagi atau sarapan memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat sarapan di pagi hari? Berikut ulasan lengkapnya.

Manfaat Sarapan Pagi

Mengkonsumsi makanan di pagi hari sangat disarankan. Sebab sarapan bisa membantu tubuh agar lebih sehat. Mengutip dari alodokter.com, berikut beberapa manfaat sarapan pagi.

1. Melindungi tubuh dari penyakit

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kadar kolesterol jahat pada perempuan sehat yang tidak sarapan relatif lebih tinggi dibandingkan perempuan yang rutin sarapan.

Orang yang membiasakan makan pagi, biasanya akan mengkonsumsi lebih sedikit kalori dibandingkan yang tidak sarapan.

Advertisement

Selain menjaga kadar kolesterol, kebiasaan makan pagi juga bisa mengurangi risiko diabetes dan gangguan pada jantung.

2. Meningkatkan fokus

Sarapan juga bisa membantu meningkatkan fokus dan lebih produktif. Saat tidak sarapan di pagi hari, maka bisa menyebabkan daya pikir menurun. Akibatnya, aktivitas harian menjadi terganggu karena produktifitas menurun.

3. Menurunkan berat badan

Banyak orang yang melewatkan sarapan pagi karena ingin menurunkan berat badan. anggapan tersebut ternyata keliru. Sebab ternyata sarapan bisa membantu menurunkan berat badan.

Ketika Anda makan pagi, maka saat siang tidak terlalu merasakan lapar. Sehinggga Anda terhindar dari keinginan makan berlebih di siang hari.

Lain halnya saat Anda melewatkan sarapan. Maka Anda bisa merasakan sangat lapar di siang hari dan akhirnya mengkonsumsi makanan tinggi kalori. Kejadian tersebut membuat berat badan lebih cepat bertambah.

4. Menjaga suasana hati

Sarapan pagi juga bermanfaat untuk meningkatkan mood. Sebab perut lapar ternyata bisa menyebabkan suasana hati menjadi buruk, mudah marah, dan kesal. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sebaiknya sempatkan diri untuk makan pagi sebelum beraktivitas.

5. Memberikan nutrisi bagi tubuh

Asupan makan pagi juga bisa membantu mencukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sebuah penelitian membuktikan bahwa seseorang yang sarapan di pagi hari, maka kebutuhan gizinya bisa terpenuhi baik serat, kalsium, vitamin A, B,C, dan nutrisi lainnya.

Daftar Menu Sarapan Pagi

Untuk mendapatkan manfaat sarapan pagi, Anda juga perlu memperhatikan menu sarapan yang dikonsumsi. Mengutip dari sehatq.com dan klikdokter.com, berikut beberapa makanan sehat yang bisa dijadikan menu makan pagi.

1. Telur

Menu sarapan pagi yang pertama yaitu telur. Makanan ini memiliki kandungan gizi yang tinggi. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa telur merupakan menu sarapan yang terbaik, sebab bisa memberikan rasa kenyang lebih lama.

Mengkonsumi telur di pagi hari bisa mengurangi keinginan menyantap makanan berkalori tinggi di ssiang hari. Manfaat telur tersebut bisa diperoleh dari kandungan nutrisi yang ada didalamnya, seperti karbohidrat, protein, dan lemak.

Telur juga cukup mudah diolah. Anda bisa membuat scramble egg, telur goreng, atau telur rebus.

2. Greek Yogurt

Greek yogurt menjadi menu sarapan pagi selanjutnya yang direkomendasikan. Makanan sehat ini memiliki kandungan protein tinggi. Olahan susu yang satu ini bisa membantu mengontrol berat badan, karena dapat meningkatkan hormon yang memicu rasa kenyang. Cita rasanya membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar.

3. Kopi

Kopi juga bisa menjadi minuman yang bisa dikonsumsi pagi hari. Kafein yang ada di dalam kopi bisa meningkakan mood dan meningkatkan fokus. Meskipun demikian, Anda tidak diperkenankan minum kopi terlalu banyak di pagi hari.

4. Oatmeal

Makanan untuk sarapan pagi sehat lainnya yaitu oatmeal. Makanan ini mengandung serat yang tinggi sehingga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama.

Manfaat oatmeal lainnya yaitu bisa menurunkan darah tinggi karena mengandung antioksidan tinggi. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa sereal dengan oat utuh merupakan cara efektif dalam menagemen hipertensi tipe I (ringan).

5. Chia Seed

Biji chia juga bisa menjadi pilihan menu sarapan. Kandungan serat dan antioksidan yang tinggi sangat diperlukan tubuh. Antioksidan dalam chia seed berguna unutk melindungi tubuh dari radikal bebas selama proses metabolisme.

Selain itu, manfaat biji chia lainnya yaitu bisa mencegah beberapa penyakit seperti aterosklerosis, stroke, diabetes, alzheimer, dan parkinson.

6. Aneka Buah Beri

Blueberry, raspberri, strawberry, dan blackberry merupakan kelompok buah beri yang bisa dikonsumsi sebagai menu makan pagi. Buah ini memiliki kandungan gula yang rendah namun seratnya tinggi.

Tak hanya itu, kandungan mineral dalam buah ini juga cukup lengkap mulai dari zat besi, zinc, copper, mangan, dan selenium. Mineral tersebut berperan sebagai antioksidan yang penting untuk tubuh.

Buah beri tersebut dipercaya bisa mengurangi perdangan dan menjaga sel-sel dalam pembuluh darah. Anda bisa mengkonsumsi aneka beri dengan greek yogurt untuk mendapatkan manfaat lebih.

7. Kacang Tanah

Biasanya kacang tanah hanya dikonsumsi sebagai camilan. Namun ternyata kacang tanah juga cocok dijadikan menu sarapan pagi. Kandungan nutisi yang lengkap seperti magnesium, potassium, dan lemak tunggal tak jenuh menjadikan makanan sehat ini cocok dikonsumsi pagi hari.

8. Teh Hijau

Teh hijau juga masuk dalam daftar menu sarapan pagi yang bisa Anda cicipi. Kandungan antioksidan didalamnya sangat baik untuk menjaga kesehatan otak, saraf, dan jantung. Minuman ini juga dipercaya bisa menurunkan kadar gula, sehingga cocok untuk pengidap diabetes.

9. Smoothies Kaya Protein

Smoothies yang terbuat dari gandum, telur, dan kedelai bisa menjadi pilihan makanan di pagi hari. Kandungan protein yang tinggi sangat baik untuk kesehatan. Protein tersebut juga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Sehingga dengan konsumsi makanan ini, berat badan tetap terjaga.

10. Pisang

Buah pisang menjadi pilihan menu sarapan pagi sehat. Kandungan serat yang tinggi bisa membantu Anda merasakan kenyang lebih lama. Serat tersebut juga bisa menjaga kesehatan pencernaan.

Manfaat buah pisang lainnya yaitu bisa menjaga kesehatan pembuluh darah. Sebab buah ini mengandung kalium yang cukup tinggi. Anda bisa mengkonsumi buah pisang secara langsung atau mengolahnya menjadi jenis makanan lain.

11. Alpukat

Buah alpukat mengandung lemak sehat, serat, vitamin C, dan mineral penting lain untuk tubuh. Sama seperti pisang, alpukat juga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Manfaat alpukat lainnya yaitu bisa menjaga kesehatan jantung. Anda bisa mengolah alpukat seperti di panggang, dibuat jus, smoothies, atau dikonsumi secara langsung.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait