Masih Tahan Harga Pertalite Meski Pertamax Turun, Ini Alasan Pertamina

Muhamad Fajar Riyandanu
3 Januari 2023, 13:55
harga pertalite, pertalite, harga bbm, pertamina, solar, bbm bersubsidi,
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj.
Petugas melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite di SPBU Yos Sudarso, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu (3/9/2022).

Pertamina menahan harga BBM bersubsidi jenis Pertalite dan solar saat mengumumkan penyesuaian harga BBM non subsidi, Pertamax dan Dex Series. Harga Pertalite ditahan di Rp 10.ooo per liter, sedangkan solar Rp 6.800.

Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati, mengatakan bahwa harga Pertalite dan Solar Pertamina masih jauh di bawah harga BBM sejenis yang ditawarkan oleh SPBU swasta. Hal ini terjadi karena pemerintah masih memberikan subsidi yang cukup besar untuk kedua jenis BBM itu.

"Contoh Solar, pemeritah jual Rp 6.800 per liter. Padahal kompetitor menjual lebih dari dua kali lipatnya, artinya yang disubsidi negara ini masih sangat besar, sekira Rp 6.500,” kata Nicke saat menggelar konferensi pers di SPBU Pertamina MT Haryono Jakarta pada Selasa (3/1).

Di lokasi yang sama, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa pemerintah menahan harga Pertalite di tengah kondisi harga minyak dunia yang relatif masih tinggi. Harga jual BBM Solar dan Pertalite masih dipertahankan di harga subsidi meski SPBU swasta menawarkan bahan bakar sejenis di harga yang lebih tinggi.

"BBM yang dibantu pemerintah seperti Pertalite, yang harganya dunia masih tinggi, harga jual di pemerintah Rp 10.000, itu masih dibantu pemerintah Rp 1.100," kata Erick.

Guna mendorong penyeluran subsidi tepat sasaran, pemerintah berencana untuk merevisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...