Kaleidoskop 2022: Larangan Ekspor Sawit hingga Bandara Mati Suri

Tia Dwitiani Komalasari
30 Desember 2022, 07:30
industri, kaleidoskop 2022
Freepik
Ilustrasi, aktivitas produksi pabrik.

Pandemi Covid-19 yang mereda berdampak pada ekonomi Indonesia sepanjang 2022. Permintaan konsumen mulai naik sehingga mendorong industri untuk bergeliat kembali.

Namun demikian, terdapat sebagian industri yang bergejolak baik karena terdampak perlambatan ekonomi global, kenaikan harga bahan bakar minyak atau BBM, maupun masalah domestik.

Berikut 7 isu Industri dan Perdagangan yang menyita perhatian sepanjang 2022:

1. Indonesia larang ekspor sawit

Presiden Joko widodo mengumumkan bahwa Indonesia memberlakukan kebijakan melarang ekspor minyak sawit mentah dan semua produk turunannya mulai 28 April 2022. Kebijakan tersebut untuk menekan harga minyak goreng dalam negeri yang melambung tinggi.

Larangan ekspor minyak sawit mentah atau CPO tersebut ternyata berdampak signifikan pada petani kelapa sawit. Tandan buah segar atau TBS yang mereka panen tidak diserap industri yang setop berproduksi.

Harga TBS pun anjlok meskipun pemerintah telah mencabut kembali larangan eskpor pada 23 Mei 2022. Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia, gulat Manurung, mengatakan bahwa kerugian petani mencapai Rp 14 triliun akibat penerapan kebijakan larangan ekspor CPO.

Baca berita lengkap mengenai larangan ekspor CPO di sini.

2. Harga tiket pesawat melonjak

Kenaikan harga avtur berdampak signifikan pada tarif tiket pesawat yang melambung tinggi. Pada Semester I 2022, harga avtur di Bandar Udara Soekarno Hatta melonjak hingga 55%.

Kenaikan harga tiket pesawat paling dirasakan pada rute internasional. Misalnya saja rute Jakarta-Singapura yang sebelumnya bisa didapatkan degan harga di bwah Rp 1 juta, harganya bisa mencapai Rp 8 juta pada Mei 2022.

Harga tiket pesawat domestik masih bisa ditahan oleh peraturan Tarif Batas Atas yang ditetapkan Kementerian Perhubungan. Namun demikian, Kemenhub mengizinkan maskapai untuk menerapkan fuel surcharge yang pada akhirnya berdampak pada kenaikan harga tiket pesawat.

Baca berita lengkap mengenai kenaikan harga tiket pesawat di sini.

3. Bandara mati suri

Pandemi Covid-19 dan kurang matangnya perencanaan menyebabkan sejumlah bandar udara atau bandara yang baru dibangun menghentikan kegiatan operasionalnya alias mati suri. Padahal, bandara-bandara tersebut dibangun dengan menggunakan dana jumbo APBN hingga triliunan rupiah.

Setidaknya ada empat bandara yang mati suri tersebut adalah JD Soedirman, Purbalingga; Bandara Ngloram, Blora; Bandara Wiriadinata, Tasikmalaya; dan Bandara Kertajati, Majalengka.

Baca berita lengkap mengenai empat bandara mati suri di sini.

4. PHK industri padat karya

Setidaknya 79.000 karyawan industri tekstil dan alas kaki terkena pemutusan hubungan kerja atau PHK pada 2022. Penurunan permintaan menjadi biang kerok dari PHK industri padat karya tersebut.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief, Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...